Hal yang diperhatikan saat membeli laptop

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membeli Laptop

Nah sobat kali ini saya akan membagi tips tentang bagaimana cara memilih laptop yang baik dan sesuai kebutuhan, sebagian dari sobat mungkin bingung ketika akan membeli laptop baru karena pilihannya yang banyak dan bagus bagus, apalagi jika sobat belum berpengalaman / baru pertama kali membeli laptop sendiri.
Kenapa saya memilih laptop sebagai materi saya kali ini? karena menurut saya laptop lebih cocok dan nyaman untuk digunakan dari pada komputer, netbook, dan notebook. Karena bisa dibawa kemana mana, dan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.
Nah berikut saya akan berikan sedikit hal yang patut diperhatikan ketika akan membeli laptop.

1. Kebutuhan Sobat
Jika sobat hanya menggunakannya untuk mengetik, mendengarkan lagu, browsing, menonton film dan hal ringan lainnya. Mungkin sobat cukup dengan laptop berspesifikasi:
-Processor: intel atom/intel pentium/processor yang setara lainnya.
-Ram: 1GB sudah cukup.
-Hardisk: 160GB sudah cukup.

Tapi jika sobat seorang gamers, desainer, atau film editor. Mungkin sobat butuh laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.
-Processor: minimal intel core2duo/amd dengan kelas Athlon/Phenom/FX atau intel dengan seri terbaru biar keren :D
-Ram: minimal 2GB
-Hardisk: 320GB cukup tapi jika sobat memiliki budget yang tinggi sebaiknya pilih yang 520GB.

2. Ukuran
Ukuran menurut saya tidak terlalu berpengaruh, tapi jika sobat seorang backpacker yang selalu mambawa laptop kemanapun sobat pergi, sebaiknya sobat memilih laptop yang ramping / slime untuk memudahkan sobat.
Tetapi jika sobat hanya menggunakannya di rumah, sekolah mungkin sebaiknya sobat memilih laptop yang berukuran tebal saja. Karena menurut pengalaman saya, laptop yang tebal itu lebih murah dan tahan lama :D ekonomis lah pokoknya.

3. Merek
Yup, inilah yang menurut saya paling penting, karna kalau merek laptop kita keren, maka akan mudah untuk dipamerkan ke temen temen :D hehe. setiap laptop pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Saran saya belilah laptop dengan merk asus/acer karena selain sudah terkenal, harganya juga cukup terjangkau (tergantung serinya tentunya). Jika sobat ingin membeli laptop samsung, siap siaplah untuk membeli hardisk baru :D karena dari pengalaman saya, laptop samsung memiliki kekurangan pada bagian hardisknya. Untuk merk lain saya belum pernah mencoba.

4. Garansi
Bukan tidak mungkin laptop kita akan rusak kemudian hari, jadi carilah laptop yang memiliki garansi selama mungkin, kalau bisa seumur hidup kalau ada :D. Tapi ingat garansi hanya berlaku jika laptop mengalami kerusakan pabrik saja, bukan melayani karusakan dari pihak pelanggan.


5. Tempat Service Center
Sobat harus tau tempat service laptop sobat, karena jika garansi habis dan laptop sobat rusak, langkah terbaik adalah membawanya ketempat service centernya. jadi belilah laptop yang memiliki tempat service center dekat dari tempat sobat. Jika sobat ingin membeli laptop yang memiliki service center jauh dari rumah sobat, harap dipikirkan dua kali.

6. Mencoba Dahulu
Biasanya ditempat jual beli laptop, pembeli menyediakan contoh laptop yang akan kita beli dan bisa dicoba, jadi gunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin, cobalah sepuasnya :D agar sobat benar benar tau seperti apa laptop yang akan sobat beli.

7. Cek Kembali
Setelah sobat membeli laptop itu, jangan langsung tinggalkan tempat tersebut. Cek kembali kondisi fisik laptop sobat, barang kali ada retakan, goresan dan kerusakan lain yang terjadi.

8. Bonus Pembelian
Biasanya untuk menarik pembeli, penjual menyediakan bonus untuk pembelian laptop dengan merk tertentu.
Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk sobat karena jika bonusnya banyak, sama artinya kita mendapatkan cash back yang banyak pula. Jadi, carilah laptop dengan bonus sebanyak mungkin. :D.

9. Rawat
Setelah sobat membelinya, jangan lupa untuk merawatnya tentunya, perawatannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer. Untuk lebih jelasnya bisa sobat baca disini.

Sekian Tips memilih laptop kali ini, Jangan lupa like dan sharenya sobat, agar teman kita tidak salah beli laptop.
Terima kasih dan sampai jumpa.
0 Komentar untuk "Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membeli Laptop"

Zona Komputer © 2015. All Rights Reserved.
Template By Hitamz , Powered By Blogger