gambar tx rate dan rx rate hasil ping di mikrotik

Penjelasan Tx Rate dan Rx Rate

bagi sobat yang baru berkecimpung di dunia jaringan pasti anda sering menjumpai tx rate dan rx rate pada saat anda melakukan ping pada mikrotik sobat, apa sebenarnya tx dan rx rate itu? langsung saja disimak penjelasannya.

Tx dan Rx menggunakan protokol yang diimplementasikan dalam sebuah perangkat bernama UART (Universal Asynchronaus Receiver / Transmitter). Berikut penjabaran pengertiannya :
  • Rx adalah jalur penerimaan data (perpindahan data) dari satu komputer ke komputer lain. Biasanya disebut dengan received (penerima), yang berguna menangkap data yang dikirim oleh transmitter (Tx).
  • Tx disebut transmit yang berfungsi untuk mengirim data/mengeluarkan data, atau merupakan jalan yang dilalui dalam mengirim data antar device.
Susunan kabel berdasar Tx dan Rx
Crossover / cross cable adalah kabel yang secara manual maping signal output pada satu konektor ke input di konektor yang satu nya lagi atau TX + dari satu konektor di Maping ke RX + di konektor yang lain dan TX – di konektor yang satu ke RX – di konektor yang lain.
Cross cable biasa dipakai untuk koneksi dari PC to PC / PC to Router.
Untuk Straight cable biasa dipakai untuk koneksi dari PC to Hub / Swicth atau sebaliknya.

Mungkin hanya yang saya ketahui tentang tx dan rx rate. semoga penjelasan diatas bisa membantu sobat. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa dilain kesempatan.
1 Komentar untuk "Penjelasan Tx Rate dan Rx Rate"

Zona Komputer © 2015. All Rights Reserved.
Template By Hitamz , Powered By Blogger